Wawancara Mike Tyson: Perihal Comeback, Tinju, dan Masa Lalu

4 Agustus 2020, 20:20 WIB
Editor: I Gede Ardy Estrada
Mantan juara dunia tinju kelas berat Mike Tyson kembali menjadi sorotan setelah memutuskan naik ring untuk bertarung dengan Roy Jones Jr pada 12 September 2020.
Mantan juara dunia tinju kelas berat Mike Tyson kembali menjadi sorotan setelah memutuskan naik ring untuk bertarung dengan Roy Jones Jr pada 12 September 2020. /(Grafis: Iis Harianto Sabir/Skor.id)

  • Legenda tinju Mike Tyson telah mengalami periode pasang-surut sepanjang 54 tahun hidupnya.
  • Dari juara dunia tinju kelas berat, masuk penjara, hingga bangkrut pernah dialami Mike Tyson.
  • Mike Tyson mengungkap alasannya comeback, pandangan soal tinju, dan refleksi masa lalu. 

SKOR.id - Kisah kehidupan Mike Tyson selama 54 tahun selayaknya roller coaster. Ia pernah mencapai titik tertinggi, namun juga telah berada di bagian terendah.

Dari masa kecil yang sulit lalu bertemu pelatih tinju legendaris Cus D'Amato yang mengubah segalanya. Mike Tyson menjadi juara dunia kelas berat di usia 20 tahun.

Ia pernah mendekam tiga tahun di penjara karena tuduhan pemerkosaan yang selalu dibantahnya. Keluar dari bui, Tyson memiliki 400 juta dolar AS (Rp5,8 triliun, kurs saat ini).

Namun dalam beberapa tahun, semua uang itu raib. Si Leher Beton, julukan Mike Tyson, dinyatakan bangkrut. Gaya hidup glamor dan kecanduan narkotika jadi penyebab utama.

Setelah itu, mantan petinju kelas berat ini terpuruk dalam nadir. Namun seperti petarung tangguh, Tyson tidak menyerah. Ia bangkit dan mencoba karier sebagai entertainer.

Roda kehidupannya pun kembali berputar. Dalam umur 54 tahun, Mike Tyson telah bertransformasi. Ia kini juga dikenal sebagai aktor, pembawa acara, hingga pengusaha.

Kendati demikian, Si Leher Beton tidak pernah melupakan akarnya, tinju. Dan namanya kembali jadi sorotan setelah mengungkapkan keinginan kembali naik ring.

Tyson, dengan rekor 50 kemenangan dan enam kekalahan, dijadwalkan berhadapan dengan eks-petinju Roy Jones Jr dalam laga ekshibisi di Kalifornia, AS, pada 12 September 2020.

Tak hanya soal alasan di balik keinginan comeback, Mike Tyson memberikan pandangannya terhadap masa depan tinju kelas berat, dan refleksinya terhadap kehidupan dan kematian.

Berikut wawancara Si Leher Beton yang dikutip serta dihimpun dari The Sportsman dan The Tonight Show Starring Jimmy Fallon:

Ada masa dalam hidup Anda ketika semua orang mengatakan bahwa Mike Tyson itu spesial...

Sayangnya, saya merasa tidak seperti itu. Seperti Anda mungkin masuk penjara, menderita, diperlakukan dengan buruk, bahkan mati. Semuanya bisa terjadi tiba-tiba.

Saya tidak mengharapkan sesuatu yang buruk menimpa saya, tetapi ketika hal tersebut terjadi, saya akan coba memahami dan mengatasinya.

Jadi, saya tidak berusaha menghindari hal-hal buruk. Saya tahu kemalangan pasti terjadi. Namun saat itu datang, saya tidak menyerah pada nasib.

Kalau begitu apakah bisa dikatakan bahwa Anda tidak takut mati?

Yeah, saya tidak takut. Bagi saya, hidup mungkin lebih rumit dibandingkan mati. Saya tidak tahu apakah itu benar. Namun saya percaya hidup membutuhkan banyak keberanian.

Tanpa keberanian, Anda tidak bisa hidup. Kehidupan adalah perjalanan sekaligus perjuangan. Banyak orang punya segalanya, tapi mereka kesulitan dan tak mampu bertahan.

Apa di masa lalu kematian pernah terlintas dalam pikiran Anda? Mengingat Anda menggeluti sesuatu yang berbahaya (tinju)...

Saya tahu ada kemungkinan saya mati dalam latihan atau pertandingan. Namun saya tidak takut karena berpikir jika seseorang ingin mati, saya yang akan "membunuhnya".

Anda paham maksud saya? Kepercayaan diri adalah salah satu mekanisme bertahan hidup. Tapi, dari pengalaman dan apa yang saya yakini, saya makin siap menghadapinya.

Apakah Anda merasa masih ada pertarungan yang terjadi dalam diri Anda?

Mungkin. Saya mendapatkan pertarungan batin sekarang dan juga di masa lalu. Tapi tidak sesering ketika saya masih aktif (bertinju) dan bertarung setiap hari.

Tinju bisa memberikan banyak hal, namun juga dapat mengambil banyak hal. Apa arti tinju untuk seorang Mike Tyson?

Ini adalah sekolah yang besar! Ada banyak pelajaran di sana. Dan Anda harus praktek agar bisa memahaminya. Anda tidak bisa belajar hanya dengan mendengarkan.

Anda juga dapat belajar dengan cara memberikan contoh kepada orang lain. Makin banyak melakukan itu, Anda akan sadar bahwa Anda sebenarnya tidak tahu apa-apa.

Ya, tinju telah memberikan dan mengambil banyak hal dari saya. Tapi, saya tidak merasa menyesal atau membuang-buang waktu ketika melakukan semua itu.

Lalu, setelah 15 tahun, mengapa memutuskan kembali naik ring? Apa yang terjadi?

Saya ingin berbuat sesuatu yang baik dan positif. Saya memulai event untuk amal dan kami akan membantu berbagai kegiatan amal. Saya pikir itu hal bagus untuk dilakukan.

Tentu saja saya masih mampu melakukannya (bertinju). Jadi saya ingin membantu dengan apa yang bisa saya lakukan. Dan saya sudah tidak sabar untuk itu.

Duel Mike Tyson vs Roy Jones Jr dijadwalkan berlangsung pada 12 September 2020.
Duel Mike Tyson vs Roy Jones Jr dijadwalkan berlangsung pada 12 September 2020. (Grafis: Yusuf/Skor.id)

Dan Anda memilih Roy Jones Jr dari sekian banyak calon lawan yang bisa dihadapi? Anda Mike Tyson, Anda bisa melawan siapa pun...

Well, saya pikir Roy Jones Jr (pilihan lawan) brilian karena dia merupakan petarung terbaik di generasinya. Dan saya adalah petinju terbaik di generasi saya.

Jadi, sebenarnya tidak perlu diperdebatkan karena memang kami sudah seharusnya berhadapan di dalam ring.

Apa pertimbangannya juga karena Anda berdua belum pernah berhadapan?

Mungkin. Kami pernah merencanakan untuk bertarung (saat masih aktif), tapi tidak pernah terjadi. Dan sekarang kami mendapatkan kesempatan mewujudkannya.

Orang-orang melihat rekaman latihan Anda di Instagram. Sulit dipercaya Anda terlihat masih sangat tangguh...

Saya masih seorang petarung. Itu perlu digarisbawahi. Sulit menjelaskannya, tapi saat saya mulai latihan, saya kembali bugar dan semua (insting bertinju) tiba-tiba kembali.

Anda tahu saya tidak percaya dengan mitos Fountain of Youth. Namun entah mengapa saat berlatih, energi dan jiwa muda kembali menguasai saya, seperti terlahir kembali.

Bagaimana rasanya menjalani latihan pada usia 54 tahun dibandingkan ketika Anda masih 24 tahun?

Jujur saja, sangat menyakitkan. Dan dari pengalaman (latihan) di usia saat ini, saya tidak akan pernah lagi menganggap petinju lain lelucon.

Karena, siapa pun yang melakukan atau mencoba menjalani latihan ketika mereka sudah melewati masa keemasaan kariernya jelas bukan lelucon.

Mike Tyson bersama petinju kelas berat Inggris Tyson Fury..
Mike Tyson bersama petinju kelas berat Inggris Tyson Fury.. (Instagram.com/Tyson Fury/@gypsyking101)

Anda berbincang langsung dengan Tyson Fury dalam podcast Hotboxin'. Bagaimana pendapat Anda tentang dia?

Saya sangat menyukainya. Saya bangga bahwa dia dinamakan karena terinspirasi oleh saya. Saya sangat menghargai dan merasa terhormat untuk itu.

Dia juga memiliki gaya bertinju yang unik dan itu sangat cocok untuknya. Saya pikir dia petinju bagus dan telah berhasil membuktikanya di dalam ring.

Tyson Fury juara dunia WBC dan ada Anthony Joshua, pemegang empat gelar. Pandangan Anda soal petinju kelas berat modern Inggris seperti mereka?

Saya bisa bilang saat ini mereka berada dalam kondisi terbaik untuk bisa menjadi petinju hebat dan meraih yang terbaik dari olahraga ini.

Dari apa yang saya lihat, keduanya telah membuktikan mampu untuk menjadi petinju kelas berat terbaik. Seperti banyak pencinta tinju, saya sangat menantikan duel mereka.

Deontay Wilder meminta rematch. Anda setuju dengan keputusannya atau dia seharusnya tidak buru-buru untuk duel lagi dengan Tyson Fury?

Dia harus kembali bertarung, secepatnya. Namun sebelum itu, dia harus berada dalam kondisi perfek. Yang saya maksud bukan hanya fisik, tapi juga pikiran.

Floyd Mayweather Jr enggan menghadapi petinju lagi karena merasa tak ada yang perlu dibuktikan. Apa Anda merasa petinju dan petarung UFC perlu diadu atau itu merusak integritas kedua olahraga?

Saya pikir luar biasa. Dia yang pertama melakukan itu (berduel dengan petarung UFC Conor McGregor). Saya menyukainya. Hal seperti ini (integrasi) akan lebih sering terjadi.

Saya tidak tahu seberapa bagus kami bertarung menghadapi mereka (petarung dari disiplin lain), itu akan selalu bergantung dengan aturan mana Anda bertarung.

Mike Tyson vs Lennox Lewis, 8 Juni 2002.
Mike Tyson vs Lennox Lewis, 8 Juni 2002. (PA/Dok. SportBible)

Apakah ada sesuatu yang Anda rasa hilang dari tinju hari ini?

Sebagai olahraga, tinju adalah sebuah enigma, teka-teki. Dalam 200 tahun dari sekarang, mungkin hanya akan ada lima petinju yang akan diingat orang.

Bukan karena uang atau menjadi kaya. Orang akan ingat nama mereka karena kelebihannya dalam seni bertarung di dalam ring. Ini yang seringkali disalahpahami.

Kata "bertarung" selalu dikonotasikan negatif. Padahal yang terjadi bisa sebaliknya jika Anda melihatnya dari perspektif spiritual. Namun jarang terjadi.

Pertarungan itu spiritual, tapi Anda tidak bisa melihatnya karena didominasi oleh aspek fisik. Tapi dalam pikiran, kami (petinju) ingin menjadi Achilles, raja dari semua petarung.

Namun sosok seperti Achilles pun memiliki kelemahan...

Semua orang punya kelemahan. Itu takdir yang tak terhindarkan. Mungkin Achilles memiliki lebih banyak kelemahan, namun hanya satu yang diungkapkan.

Bicara soal Achilles, sebelum mati, saya sangat ingin mengunjungi makamnya di Yunani. Itu masuk dalam daftar keinginan saya.

Anda pernah jatuh-bangun di masa lalu. Apa saran atau nasehat bagi orang-orang yang sedang terpuruk dan bagaimana cara untuk bangkit?

Anda bisa mengubah pikiran kapan pun. Anda bisa menjadi apa pun. Anda bisa bilang, "Saya ingin menjadi seorang atlet hebat." Dan berusaha dan berjuanglah untuk itu.

Perlu diingat, Anda adalah pemegang otoritas tertinggi terhadap diri Anda sendiri, kecuali perkara hidup-mati. Jadi jika ingin sesuatu, berusahalah meraihnya.

Saya dulu punya gaya hidup yang kacau. Kini saya lebih teratur, seperti kaum pekerja. Saya pergi bekerja lalu kembali ke rumah bersama istri dan anak-anak.

Anda tahu, jika melihat masa lalu saya, mungkin saya tidak seharusnya tinggal di rumah yang hangat seperti ini. Dan untuk itu, saya merasa sangat bersyukur.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita Mike Tyson Lainnya:

Mengintip Kekuatan-Kelemahan Mike Tyson dan Roy Jones Jr

Mike Tyson Bertekad Menang KO Atas Roy Jones Jr. 

 

  • Sumber: The Sportsman, The Tonight Show Starring Jimmy Fallon
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Tinju

    Senin, 22 Juni 2020

    Akui Kebesaran Muhammad Ali, Mike Tyson Sebut Sang Idola Sulit Dijatuhkan

    Mike Tyson harus siap bertarung 15 ronde jika menghadapi Muhammad Ali.

    Tinju

    Jumat, 24 Juli 2020

    Berduel Lagi, Mike Tyson Minta Penggemar Tak Khawatirkan Usianya

    Mike Tyson meminta penggemar tinju tak perlu mengkhawatirkan dirinya dan Roy Jones Jr. yang akan kembali berduel dalam usia di atas 50 tahun.

    Tinju

    Sabtu, 1 Agustus 2020

    Anthony Joshua: Mike Tyson Comeback dengan Cara Tepat

    Anthony Joshua menganggap tepat keputusan Mike Tyson untuk comeback melawan petinju yang seumuran.

    Terbaru

    Tinju

    Minggu, 5 Februari 2023

    Tim Sport Science Bantu Persiapan Hebi Marapu Hadapi Duel di Bangkok Bulan Depan

    Petinju Hebi Marapu dijadwalkan naik ring lagi untuk mempertaruhkan dua sabuk juara kelas ringan melawan Phissanu Chimsunthom di Bangkok, 4 Maret 2023.

    Tinju

    Minggu, 5 Februari 2023

    Floyd Mayweather Bikin Bonyok YouTuber Jarvis Kahttri

    Jarvis Kahttri petinju crossover 1-0 'kemarin sore' habis jadi samsak The Money Floyd Mayweather.

    Tinju

    Sabtu, 4 Februari 2023

    Pertarungan Gelar Unifikasi Tyson Fury vs Oleksandr Usyk di Arab Saudi atau Inggris

    Terungkap target tanggal baru pertarungan Tyson Fury dengan Oleksandr.

    Tinju

    Jumat, 3 Februari 2023

    Naik Ring Maret 2023, Hebi Marapu Pertaruhkan 2 Gelar lawan Petinju Thailand

    Petinju kelas ringan Indonesia Habi Marapu bakal bertarung dengan Phissanu Chimsunthom untuk memperebutkan dua sabuk gelar, Maret 2023.

    Tinju

    Jumat, 3 Februari 2023

    Dillian Whyte Marah Duel Ulang Dendam Melawan Anthony Joshua Dibatalkan

    Dillian Whyte mengamuk karena duel ulang dengan Anthony Joshua dihentikan. DAZN memilih pertarungan Jermaine Franklin pada 1 April.

    Tinju

    Selasa, 31 Januari 2023

    Pertina Kirim 7 Petinju ke World Boxing Tour Golden Belt Series 2023

    Ajang World Boxing Tour Golden Belt Series akan digelar di Maroko pada 31 Januari hingga 11 Februari 2023.

    Tinju

    Minggu, 29 Januari 2023

    Emosi Mendidih, Jake Paul dan Tommy Fury Duel Dendam 26 Februari di Arab Saudi

    Jake Paul dan Tommy Fury bersumpah untuk mengakhiri karir satu sama lain. Kedua perang kata-kata saat pertama kali saling berhaadapan.

    Tinju

    Minggu, 29 Januari 2023

    La Paene Masara Turun Gunung ke Ring Tinju

    La Paene Masara mencoba merangkainya dengan membuat Liga Tinju khusus pelajar SMA.

    Tinju

    Jumat, 27 Januari 2023

    Tim Chris Eubank Jr Pertimbangkan Banding atas Dugaan Sikutan Liam Smith

    Tim Chris Eubank Jr Mempertimbangkan Banding atas Dugaan Sikutan Liam Smith

    Tinju

    Rabu, 25 Januari 2023

    Conor Benn Melawan Manny Pacquiao dalam Comeback

    Conor Benn bisa kembali bertinju di Abu Dhabi melawan legenda ring Manny Pacquiao.

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X