Juara Tinju Amatir Ukraina Meregang Nyawa akibat Serangan Tentara Rusia

26 Mei 2022, 15:23 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Federasi Tinju Cherkasy juga memberikan penghormatan mereka kepada Oleg Prudky dalam sebuah postingan di Instagram.
Federasi Tinju Cherkasy juga memberikan penghormatan mereka kepada Oleg Prudky dalam sebuah postingan di Instagram. /Instagram @boxing_federation_che

  • Petinju Ukraina, Oleg Prudky meninggal secara tragis sebagai pahlawan bagi negaranya.
  • Atlet 30 tahun itu tewas dalam serangan tentara Rusia pada hari Minggu lalu.
  • Sang petinju menjadi bagian dari pasukan khusus yang bekerja bersama dengan pihak berwenang di wilayah Cherkasy selama tiga bulan terakhir.

SKOR.id - Juara tinju amatir Ukraina dua kali Oleg Prudky meninggal secara tragis membela negaranya saat berperang melawan pasukan Rusia di garis depan.

Petinju 30 tahun itu termasuk di antara banyak petinju Ukraina yang angkat senjata setelah Presiden Rusia, Vladimir Putin, memutuskan untuk menyerang negara Eropa timur itu.

Prudky, yang berkompetisi dalam Tinju Seri Dunia 2015 untuk Otaman Ukraina, berada di kepolisian sebagai bagian dari pasukan khusus yang bekerja bersama dengan pihak berwenang di wilayah Cherkasy selama tiga bulan terakhir.

Sang petinju mengambil bagian dalam serangkaian turnamen amatir di seluruh dunia untuk Ukraina dalam kategori super-ringan, termasuk beberapa kejuaraan Eropa.

Prudky mengakhiri karier amatir pada 2015 dengan rekor 17-14, termasuk 12 kemenangan beruntun dari September 2013 hingga Januari 2015.

Namun, dia termasuk di antara empat anggota pasukan Polisi Cherkasy yang tewas dalam serangan oleh pasukan Rusia pada hari Minggu lalu, meninggalkan istri, Mariana dan dua putrinya yang masih kecil.

"Mereka membela Ukraina - pahlawan polisi yang tewas di wilayah Cherkasy. Pada 22 Mei, membela kedaulatan negara dan integritas teritorial Ukraina, rekan-rekan kami, petugas polisi dari Departemen Operasi Khusus Departemen KORD Direktorat Utama Kepolisian Nasional, tewas. Tak ada kata-kata untuk menyampaikan rasa sakit, keputusasaan kami atas kehilangan yang tidak dapat diperbaiki," kata Polisi Cherkasy dalam sebuah pernyataan.

“Kami menundukkan kepala untuk mereka dan untuk orangtua mereka. Dalam ingatan kami, mereka akan tetap menjadi orang yang jujur ​​dan berprinsip, teman baik, dan kolega yang dapat diandalkan. Kami menyampaikan belasungkawa terdalam kepada kerabat dan teman mereka. Kami ingat, kami akan merindukanmu. Kenangan yang indah."

Federasi Tinju Cherkasy juga memberikan penghormatan mereka kepada Oleg Prudky.

Dalam sebuah postingan mereka mengatakan, "Tragedi lain dalam keluarga tinju kami. Salah satu petinju terbaik wilayah Cherkasy, Oleg Prudky, meninggal di Timur... Keluarga tinju wilayah Cherkasy mengungkapkan belasungkawa yang tulus kepada keluarga dan teman-teman. Beristirahatlah dalam damai!"

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Марьяна Прудка (@mariashka1388)

 

Sementara, Federasi Tinju Ukraina menyatakan, "Dengan sedih kami mengumumkan bahwa master olahraga kelas tinju internasional, juara Ukraina Oleg Prudky, tewas dalam pertempuran dengan penjajah Rusia. Federasi Tinju Ukraina menyampaikan belasungkawa kepada keluarga petinju. Kenangan abadi untukmu Oleg."

Presiden Federasi Tinju Cherkasy Serhiy Tyshchenko berkata, "Saya ingat bagaimana pelatih Anda memberi tahu betapa inginnya Anda melakukan tinju dan bersepeda sejauh puluhan kilometer untuk berlatih. Saya ingat bagaimana kami mendukung Anda di kompetisi 'Ukraina Otamans', lalu seluruh bus dari Cherkasy datang mendukung Anda, dan Anda menang!"

"Semua orang mengingat pertarungan Anda yang luar biasa. Andalah orang pertama dalam sejarah tinju Cherkasy yang memenangkan emas dalam kategori berat 60kg." 

"Oleg adalah juara dua kali Ukraina dan master olahraga kelas internasional. Kemenangan dan pencapaian Anda akan sulit untuk ditandingi," Tyshchenko menambahkan.

"Anda adalah seorang atlet yang sangat gigih dan pekerja keras. Anda banyak berlatih. Anda telah menjadi contoh yang layak untuk generasi mendatang."

"Sangat sulit untuk menerima berita seperti itu setiap hari - kehilangan yang tidak mungkin diperbaiki untuk keluarga tinju kami. Saya menyampaikan belasungkawa tulus kepada keluarga petinju. Perang terkutuk merenggut putra-putra terbaik Ukraina! Kenangan abadi, istirahat dalam damai teman! Pahlawan tidak akan mati!" Tyschenko menyimpulkan.

Istri Prudky, Mariana, juga memberikan penghormatan emosional di Instagram, memposting beberapa gambar dirinya dengan judul, "Perang - itu menghilangkan yang terbaik. Saya tidak percaya, saya tidak percaya bahwa Anda tidak ada lagi. Saya tidak akan lagi mendengar - Selamat pagi sayang! Aku baik-baik saja! Bagaimana kabar gadis-gadis? Dan yang paling penting adalah kamu tidak akan pernah memberitahuku lagi - I LOVE you."

“Kamu seperti matahari yang cerah, contoh bagi anak-anakmu, yang sangat memujamu dan bertanya padamu setiap saat, dan ketika ayah datang."

"Bagaimana aku bisa memberi tahu mereka bahwa mereka tidak akan pernah melihatmu lagi? Kamu adalah contoh bagi teman-temanmu. dan rekan-rekan. Kamu adalah MALAIKATku. AKU SANGAT MENCINTAIMU," Mariana menutup penghormatan terakhirnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Марьяна Прудка (@mariashka1388)

Yang pasti Oleg Prudky bukan satu-satunya atlet terkenal dari Ukraina yang berjuang untuk negaranya yang dilanda perang di garis depan.

Juara kelas berat Oleksandr Usyk mendaftar di Pertahanan Teritorial Kyiv pada Februari, tapi petinju 35 tahun itu telah meninggalkan Ukraina untuk mempersiapkan duel ulang gelar dunianya melawan Anthony Joshua.

Usyk akan menggunakan pertarungan profil tingginya itu untuk mengumpulkan dana untuk amalnya, Usyk Foundation, untuk membantu negaranya dengan koleksi 2.000 token yang tidak dapat dipertukarkan.

Sementara itu, juara dunia tinju kelas tiga, Vasyl Lomachenko juga mendaftar di pasukan teritorial Ukraina dan telah memilih untuk terus melindungi negaranya daripada meninju George Kambosos Jr untuk gelar gabungan.

Juara kelas welter Bellator, Yaroslav Amosov dijadwalkan untuk menghadapi Michael Page di London pada awal bulan ini tetapi mengundurkan diri karena konflik yang sedang berlangsung di tanah air.

Wladimir dan Vitaly Klitschko juga telah bergabung dalam aksi mempertahankan negaranya juga, dengan sang kakak mendaftar di Pertahanan Teritorial Kyiv sebagai tanggapan atas serangan Putin sementara yang terakhir adalah walikota kota.

Invasi Rusia ke Ukraina telah memasuki bulan ketiga dan tercatat sebagai serangan paling signifikan terhadap negara Eropa sejak tahun 1945.

Lebih dari 6,5 juta orang telah melarikan diri ke luar negeri, mengubah seluruh kota menjadi puing-puing, dan memprovokasi negara-negara Barat untuk bereaksi dengan sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Rusia.***

Baca Berita Perang di Ukraina Lainnya:

Bek Manchester City Persembahkan Gelar Liga Inggris 2021-2022 untuk Ukraina

Oleksandr Zinchenko Undang Bocah Ukraina, 10, untuk Ikut Pelatihan Manchester City

Bintang MMA asal Ukraina Ini Selamatkan Sabuk Juara Dunia yang Dikubur Sang Ibu di Bawah Rumah

Tag

Video

Berita Terkait

Lain - lain

Kamis, 26 Mei 2022

Jadwal Siaran Langsung Olahraga di TV Hari Ini

Berikut ini adalah jadwal siaran langsung olahraga di TV pada, Kamis (26/5/2022) hingga Jumat dini hari dini hari WIB.

Lain - lain

Sabtu, 21 Mei 2022

Sukses Raih Emas SEA Games 2021, Rahmat Erwin Abdullah Diangkat Jadi PNS

Atas prestasinya di SEA Games 2021 Vietnam, Rahmat Erwin Abdullah akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Lain - lain

Minggu, 22 Mei 2022

Terlambat Tekuni Angkat Besi, Muhammad Zul Ilmi Langsung Raih Emas saat Debut di SEA Games

Muhammad Zul Ilmi mengaku jatuh cinta dengan angkat besi saat melihat Eko Yuli Irawan beraksi di Olimpiade 2012.

Lain - lain

Minggu, 22 Mei 2022

Upacara Penutupan SEA Games 2021 Didedikasikan untuk Atlet yang Telah Bertanding

Upacara penutupan SEA Games 2021 dijadwalkan berlangsung pada Senin (23/5/2022) mulai pukul 20.00 WIB.

Terbaru

Tinju

Sabtu, 25 Juni 2022

Anthony Joshua dan Prince Naseem Hamed Bertemu di Arab Saudi

Anthony Joshua beristirahat sejenak dari persiapannya hingga pertandingan ulang melawan Oleksandr Usyk. Dia bercanda dengan Prince Naseem Hamed di Arab Saudi.

Tinju

Senin, 20 Juni 2022

Duel Dendam Anthony Joshua dengan Oleksandr Usyk, Catat Tanggalnya

Anthony Joshua dan Oleksandr Usyk akan berhadapan sekali lagi pada Agustus mendatang.

Tinju

Minggu, 19 Juni 2022

Terungkap Rahasia Kekuatan Tyson Fury

John Fury, ayah Tyson Fury sendiri yang membocorkan kekuatan Tyson Fury. Ayahnya, yang merupakan mantan petinju, juga menyukai makanan penutup.

Tinju

Jumat, 17 Juni 2022

Tiru Aksi Gigit Mike Tyson, Petinju Ini Didenda dan Sanksi 6 Bulan

Edgar Berlanga menghadapi Alexis Angulo di Madison Square Gardens, akhir pekan lalu. Tapi, duel itu diwarnai kontroversi.

Tinju

Selasa, 14 Juni 2022

Bertahan 2 Ronde Melawan Mike Tyson, Sekali Bogem Julis Francis Hajar KO Pria Gaduh

Mantan juara kelas berat Julius Francis, yang melawan Mike Tyson, pukul KO pria gaduh dengan satu pukulan

Tinju

Selasa, 14 Juni 2022

Identitas Calon Lawan Floyd Mayweather Jr Terkuak, Petarung MMA dari Jepang

Floyd Mayweather Jr akan menghadapi petarung MMA asal Jepang, Mikuru Asakura, dalam ajang tinju ekshibisi.

Tinju

Selasa, 14 Juni 2022

Legenda MMA Tantang Mike Tyson Duel, Ancam Mencabik Hatinya

Mike Tyson dan Bob Sapp akan saling berhadapan kembali pada tahun 2020 sebelum Rob Jones Jr mendapat anggukan sebagai gantinya.

Tinju

Minggu, 12 Juni 2022

Brutal, Mike Tyson Hajar Bibir Pelatih Hingga Bengkak

Latihan brutal dihamparkan legenda tinju kelas berat Mike Tyson. Dia merobek bibir pelatihnya Rafael Cordeiro.

Tinju

Minggu, 12 Juni 2022

Dinamit Daniel Dubois Hancurkan Trevor Bryan KO Ronde 4

Daniel 'Dynamite' Dubois (DDD) meledak di Miami. Pukulan kirinya yang keras merobohkan Trevor Bryan. Cukup dalam 4 ronde yang mendebarkan.

Tinju

Sabtu, 11 Juni 2022

Petinju Simiso Buthelezi yang Linglung di Ring Akhirnya Meninggal Dunia

Simiso Buthelezi akhirnya meninggal di rumah sakit setelah menderita pendarahan otak. Petinju yang lingling di atas ring menghembuskan napas terakhir beberapa hari usai pertarungan.
X